BLACK HOLE / LUBANG HITAM

  • Respati hanantyo
  • Rabu, 20/10/2021
  • Pendidikan
  • 92 hits

Para Astronom baru saja memperlihatkan wujud asli dari lubang hitam yang biasa disebut Black Hole yang berhasil diabadikan. Lubang hitam merupakan ‘monster’ yang melahap segala sesuatu yang ada di semesta, akhirnya berhasil diabadikan oleh Katie Bouman.

Sebelum resmi diakui, Bouman juga merancang algoritme yang bisa membantu metode pencitraan lubang hitam. Dalam foto yang dibeberkan tersebut lubang hitam tersebut dilapisi oleh lingkaran gas dan plasma berwarna oranye. Lubang hitam supermasif yang sekarang diabadikan oleh jaringan teleskop radio yang sangat luas berjarak 50 juta tahun cahaya di galaksi yang dikenal sebagai M87.

Lubang hitam itu memiliki massa empat juta kali lebih berat ketimbang matahari, yang berarti lubang hitam memiliki diameter 44 juta kilometer.

“Ini jarak yang hampir tidak bisa kita bayangkan,” Frederic Gueth, seorang astronom di Pusat Nasional Penelitian Ilmiah Prancis (CNRS) dan penulis pendamping penelitian yang merinci temuan tersebut, mengatakan kepada AFP.

Paul McNamara, ilmuwan Agensi Ruang Angkasa Eropa juga mengatakan bahwa Lubang Hitam memiliki daya tarik gravitasi yang sangat kuat dengan cepat 20 tahun sedangkan Tata Surya Bumi membutuhkan waktu sekitar 230 tahun untuk mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti.

“Lebih dari 50 tahun lalu, ilmuwan melihat ada sesuatu yang sangat terang di tengah galaksi kita,” ujar Paul McNamara

“Lubang itu memiliki daya tarik gravitasi yang sangat kuat sehingga bintang-bintang mengelilingi mereka dengan sangat cepat – secepat 20 tahun.”

: tanpa label

Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, silakan untuk menghubungi kami.