“PHISHING” SELALU WASPADA TERHADAP LAMPIRAN EMAIL YANG MENCURIGAKAN !

  • Respati hanantyo
  • Selasa, 12/10/2021
  • Pendidikan
  • 39 hits

Phising Email – Tidak peduli siapa Anda, atau tingkat keahlian teknis Anda, dalam skema phishing di tengah hiruk pikuk dunia seringkali terjadi karena kurangnya perhatian kita terhadap hal-hal detail dari rutinitas yang kita jalani sehari-harinya.


Seperti apa phising yang kita bicarakan?

Penipuan phishing biasanya berupa pesan email palsu yang tampaknya berasal dari perusahaan yang sah (mis. Universitas Anda, penyedia layanan Internet Anda, bank Anda). Pesan-pesan ini biasanya mengarahkan Anda ke situs web palsu atau membuat Anda mengungkapkan informasi pribadi (misalnya, frasa sandi, kartu kredit, atau pembaruan akun lainnya). Para pelaku kemudian menggunakan informasi pribadi ini untuk melakukan pencurian identitas.

Salah satu jenis upaya phishing adalah pesan email (phising email) yang menyatakan bahwa Anda menerima email tersebut alih-alih karena adanya aktivitas penipuan yang terjadi di akun Anda dan meminta Anda untuk “klik di sini” untuk memverifikasi informasi Anda.


Penipuan phishing adalah alat rekayasa sosial yang dirancang untuk memicu kepanikan pada pembaca. Penipuan ini berupaya menjebak penerima untuk merespons atau mengklik segera, dengan mengklaim mereka akan kehilangan sesuatu (mis., Email, rekening bank). Klaim semacam itu selalu menunjukkan penipuan phishing, mengapa? karena perusahaan dan organisasi yang bertanggung jawab tidak akan pernah mengambil tindakan semacam ini melalui email.

Tidak ada alasan hari ini bagi sebuah organisasi untuk membiarkan diri mereka sendiri berada dalam risiko serangan cyber. Dengan investasi yang tepat, penilaian risiko yang tepat dan mencari pengetahuan tentang kemanan siber sebanyak-banyaknya  adalah cara untuk memastikan konidisi Anda dan organisasi Anda berada pada kondisi yang seaman mungkin. Jika dilihat dari infografis, ternyata faktor kesalahan karyawan / human error cukup berpengaruh sebagai penyebab kejahatan siber terjadi.


: tanpa label

Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, silakan untuk menghubungi kami.