OPTIMALKAN OTAK

TEMPO.CO, Boston - Otak merupakan pusat dari segala pikiran yang akan berpengaruh secara keseluruhan pada tubuh. Maka, penting untuk mengoptimalkan fungsi otak agar otak dapat bekerja dengan lebih efektif.

Berikut 3 cara membuat otak Anda bekerja lebih cepat:

1. Manfaatkan Logika Anda
"Ketidakteraturan seringkali disebabkan oleh kecemasan dan ketakutan," kata Paul Hammerness, asisten profesor dari psikiatri di Harvard Medical School. Perasaan itu diproses di amigdala, bagian otak yang primitif. Sebaliknya, pikiran rasional, merupakan landasan dari organisasi efektif hampir selalu didapati pada korteks prefrontal. Pecahkan area ini dengan mengisi biaya laporan atau menatap pengolah angka. Maka Anda akan bisa berpikir lebih logis dan mengerjakan tugas dengan lebih efisien.

2. Gerakkan otot memori Anda
Hal pertama pada pagi hari, bayangkanlah Anda mengerjakan tugas harian langkah demi langkah. Biasakan untuk membayangkan daftar pekerjaan yang harus dilakukan untuk menstimulasi memori kerja Anda. Ini merupakan bagian dari otak Anda yang membantu Anda menyimpan dan menggunakan informasi kompleks.

Jika ada interupsi (misalnya telepon berdering) buatlah upaya sadar untuk menanyakan diri Anda bahwa Anda perlu merespon tindakan yang bisa memunculkan memori kerja Anda. Jika Anda sudah bereaksi(atau belum), lihat kembali daftar pekerjaan yang harus anda lakukan dalam pikiran Anda. Semakin Anda gunakan memori kerja, maka Anda akan semakin larut dalam pekerjaan. Tentunya Anda akan berada dalam kontrol yang baik.


3. Istirahatkan otak Anda
"Meski otak mempunyai sistem kerja yang mengagumkan, ada batasan dimana otak memerlukan istirahat," kata Hammerness. Kebanyakan orang dewasa hanya bisa fokus pada satu pekerjaan hanya dalam waktu 60 menit. Untuk memberi rentang bagi perhatian Anda, berhentilah bekerja selama beberapa jam dan berjalanlah di sekitar. Tindakan baru lainnya akan me-reset otak dan Anda siap untuk kembali bekerja.

: tanpa label

Apabila ada yang ingin dikonsultasikan, silakan untuk menghubungi kami.