Teknik Komputer & Jaringan

Teknik Komputer & Jaringan

Pendahuluan

Dalam perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih pada tahun 2005, Pemerintah Kota Tangerang dan dalam hal ini SMK Negeri 3 Tangerang menyadari bahwa tantangan untuk warga Kota Tangerang untuk masa-masa yang akan datang tidak hanya menguasai sebuah kemampuan yang telah hadir selama ini di wilayah kota Tangerang saja tetapi juga harus menguasai sebuah kemampuan yang teramat asing pada saat itu yaitu kemampuan komputer.

Komputer pada tahun-tahun sebelum tahun 2005 memang diajarkan di SMK Negeri 3 Tangerang, akan tetapi pelajaran tersebut masihlah sebuah pelajaran umum yang tergabung dalam kelompok mata pelajaran Adaptif (ketika itu masih mengadopsi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / KTSP). Akan tetapi perubahan jaman yang semakin cepat apalagi dengan masuknya Teknologi Informasi dan Komputer ke dalam masyarakat dan kebutuhan dunia industri yang semakin meningkat dari tahun ke tahun membuat Pemerintah Kota Tangerang dan SMK Negeri 3 Kota Tangerang menyadari untuk masa-masa yang akan datang dibutuhkan sebuah tenaga terampil yang menguasai kemampuan komputer yang terspesifik dan ahli pada bidangnya. Oleh karena itu setelah melalui proses yang panjang, pada tahun 2005 hadirlah Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Kota Tangerang.

Profil Program Keahlian

Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah sebuah program keahlian terakhir yang dimiliki oleh SMK Negeri 3 Kota Tangerang. Program keahlian ini merupakan satu-satunya program keahlian yang terkelompok dalam Bidang Teknologi di SMK Negeri 3 Kota Tangerang. Hal ini dikarenakan seluruh program keahlian diluar Teknik Komputer dan Jaringan, yaitu: Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Kecantikan, merupakan program keahlian yang tergabung dalam kelompok Pariwisata.

Sebagai program keahlian yang berfokus pada bidang Komputer, Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan banyak dilibatkan dalam berbagai kegiatan di dalam dan di luar SMK Negeri 3 Kota Tangerang. Mulai dari pendataan Data Pokok sekolah, kegiatan TOEIC hingga saat ini dipercaya melaksanakan kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah berjalan 3 tahun serta kegiatan Ujian Nasional Perbaikan (UNP) yang telah berjalan 2 tahun.

Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan hingga saat ini memiliki dua kelas per angkatan / tingkat. Hal ini disebabkan keterbatasan ruang belajar yang ada di SMK Negeri 3 Tangerang sehingga untuk menambah rombel baru tidak bisa dilaksanakan. Untuk penunjang kegiatan belajar mengajar siswa-siswi SMK Negeri 3 Tangerang, Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan memiliki empat buah lab komputer yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Untuk lab komputer yang keempat, sifatnya agak spesial sebab lab ini utamanya digunakan untuk mata pelajaran Simulasi Digital. Mata Pelajaran ini notabenenya adalah mata pelajaran kelompok C (wajib) yang ada di setiap program keahlian. Oleh karena mata pelajaran ini membutuhkan komputer dalam kegiatannya, maka Lab Komputer 4 milik Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan juga difungsikan sebagai Lab Simulasi Digital.

Visi Program Keahlian

Menjadikan sebuah jurusan yang memiliki kualitas IT dengan taraf nasional dan internasional serta membentuk manusia berakhlakul karimah dan peduli terhadap lingkungan.

Misi Program Keahlian

Misi dari Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan UPT SMKN 3 Kota Tangerang adalah:

  1. Membentuk peserta didik yang memiliki keahlian di bidang IT yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME.
  2. Menghasilkan tenaga IT yang kompeten dan siap bersaing di taraf nasional dan internasional.
  3. Menggunakan sistem pembelajaran berbasis TIK.
  4. Meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik.
  5. Melakukan pendidikan yang peduli terhadap lingkungan hidup

Sasaran Mutu Program Keahlian

Sasaran Mutu dari Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan UPT SMKN 3 Kota Tangerang adalah:

  1. Sebanyak 75% kegiatan belajar menggunakan sistem pembelajaran berbasis TIK
  2. Sebanyak 75% lulusan bisa terserap di Dunia Usaha / Dunia Industri.
  3. Melakukan pendidikan yang menekankan pada kemampuan, akhlak dan lingkungan hidup.
  4. Tenaga pendidik dilatih minimal 1x per tahun
  5. Nilai Rata-rata Uji Praktek Kejuruan adalah 8,50