Program Keahlian di SMKN 3 Tangerang

Bagi siswa SMP/sederajat duduk di bangku kelas 9 dan sebentar lagi akan lulus, tentu ada yang bingung mau lanjut SMA atau SMK. Namun jika sudah menentukan pilihan masuk SMK, ada baiknya kamu mengenali bidang- bidang keahlian di SMK. Harapannya, kamu tidak salah jurusan dan menikmati studi sesuai bidang kamu pilih. di SMKN 3 Tangerang memilik 5 Program Keahlian yang dapat kalian pilih yaitu:

A. Teknik Komputer dan Jaringan

Program keahlian ini adalah program keahlian teknologi satu-satunya di SMK Negeri 3 Tangerang. Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan memiliki tujuan untuk membentuk siswa-siswi SMK Negeri 3 Tangerang untuk menjadi Teknisi IT yang handal dan mahir. Program keahlian ini berfokus pada dunia Jaringan Komputer sehingga seluruh peserta didik di program keahlian ini akan mempelajari seluk beluk dunia jaringan komputer; Konsep IP Address, Perancangan dan Pembangunan Jaringan Komputer. Voice Over Internet Protocol (VOIP), Server Jaringan, Routing, Sistem Operasi Client dan Sistem Operasi Server, Jaringan Lokal Area, dan Jaringan WAN.

B. Perhotelan

Program keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Tangerang ini berfokuskan pada pembentukan seluruh peserta didik di Perhotelan ini menjadi seorang hottelier yang berdedikasi penuh terhadap pekerjaannya serta memberikan pelayanan prima kepada para tamu hotel. Program keahlian yang memiliki hotel sendiri dengan nama Namira Hotel membuat seluruh peserta didik memiliki kesempatan untuk merasakan belajar dan praktek seperti di hotel sesungguhnya. Memiliki jaringan kerjasama yang banyak dengan hotel-hotel yang berkualitas dan bertaraf internasional menjadikan salah satu daya tarik sehingga banyak yang mendaftar ke program keahlian ini. Para lulusannya juga banyak yang bekerja pada hotel-hotel dengan taraf internasional tersebut.

C. Tata Boga

Program Keahlian ini sesuai dengan namanya adalah sebuah program keahlian yang berfokus pada dunia kuliner. Akan tetapi kuliner yang dimaksud bukanlah kuliner sembarangan, tetapi kuliner yang bertaraf nasional dan internasional. Hal ini bisa terjadi karena Program Keahlian Tata Boga ini berfokuskan pada kuliner yang berada di hotel-hotel bertaraf internasional. Fokus pada program keahlian ini pada bidang chef dan service. Sebagai calon chef maka seluruh siswa-siswi Program Keahlian Tata Boga dilatih pada masakan kontinental, internasional, makanan indonesia, cake and pastry, serta makanan dan minuman lain yang memiliki cita rasa tinggi.

D. Tata Kecantikan

Program keahlian ini merupakan gabungan dari dua program keahlian yang sebelumnya terpisah, yaitu; Program Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Program Keahlian Tata Kecantikan Rambut. Dengan penggambungan keduanya, maka seluruh peserta didik Tata Kecantikan ini mendapatkan pembelajaran pada dunia Kecantikan Kulit (seperti menipedi, massage, makeup) juga mempelajari mengenai dunia Kecantikan Rambut (seperti Pemangkasan Rambut, Sanggul, Pewarnaan Rambut). Program keahlian ini juga sudah memiliki kerja sama dengan L’Oreal sehingga ada standar yang tinggi pada tiap lulusannya agar mampu bersaing di dunia kerja.

E. Tata Busana

Program keahlian ini adalah sebuah program keahlian yang berfokuskan pada dunia fesyen. Dunia fesyen yang merupakan salah satu kebutuhan primer manusia tentu membuat program keahlian ini akan terus berkembang. Tidak hanya merancang atau membuat sebuah baju sederhana, akan tetapi juga akan membuat baju / gaun yang akan digunakan pada event-event tertentu seperti pesta, pernikahan, atau acara seremonial tertentu.

Previous Pendidikan Karakter SMKN 3 Tangerang