Pendidikan Karakter SMKN 3 Tangerang

Pendidikan Karakter SMKN 3 Tangerang

SMK Negeri 3 Tangerang adalah salah satu sekolah kejuruan negeri yang ada di Kota Tangerang. Sekolah kejuruan yang berada pada kelompok Pariwisata ini terdiri dari Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan, dan Teknik Komputer dan Jaringan untuk program keahliannya. Sebagai sekolah yang tergabung dalam kelompok Pariwisata tentu yang harus dikedepankan selain pendidikan keterampilan dan pengetahuan adalah pendidikan karakter.

Pendidikan karakter adalah upaya yang harus dilakukan kontinu dan tidak pernah berhenti. SMK Negeri 3 Tangerang sadar untuk merubah karakter dan kepribadian agar siswa-siswi menjadi lebih baik lagi bukanlah hal yang mudah dilakukan. Hal yang pertama dilakukan pada SMK Negeri 3 Tangerang adalah dengan melakukan pembiasaan diri ketika masuk pagi.

Pembiasaan diri ini penting dilaksanakan di sekolah. Awal pagi yang masih segar dan masih semangat penuh ini sejumlah guru piket bertegur sapa dengan peserta didik yang memasuki sekolah. Siswa-siswi yang secara penampilan kurang rapih akan ditegur agar merapihkan penampilannya. Siswa-siswi yang terlihat kurang bersemangat mungkin karena ada masalah di perjalanan atau di tempat lain, ketika bertemu disapa oleh guru di depan sekolah tentu harapannya agar sang siswa tersebut bersemangat kembali.

Kegiatan pembiasaan diri ini diakhiri pada pukul 06.30 WIB, ketika melebih itu setiap siswa yang hadir akan diberikan pembinaan terlebih dahulu sehingga mereka tidak mengulanginya kembali. Inilah salah satu upaya SMK Negeri 3 Tangerang dalam pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang diawali oleh pembiasaan diri di depan sekolah antara guru dan siswa.

Foto: Retno Andayani, S.Pd | Artikel : Respati Hanantyo, S.Kom

Previous SMKN 3 Tangerang di Festival Budaya Nusantara
Next Smakta Futsal Competition 2018