Akomodasi Perhotelan

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Latar Belakang

Program Keahlian Akomodasi Perhotelan merupakan salah satu program keahlian di SMK Negeri 3 Tangerang, Program keahlian ini adalah Program Keahlian pertama yang di buka di Propinsi Banten. Program keahlian ini menitik beratkan kepada dua kompetensi di dua departemen di Hotel yaitu Departement Housekeeping dan Front Office.

Kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dari Industri Perhotelan. Semua Standar Kompetensi disesuaikan dengan Spektrum dan kemudian direvisi kembali oleh pihak Industri untuk menyesuaikan dengan keahlian darihuman capital yang dibutuhkan di Industri.

Lulusan Program keahlian Akomodasi Perhotelan diarahkan untuk menjadi tenaga tenaga professional dibidangnya khususnya di Industri Perhotelan. Pembelajaran dilakukan dengan dual system program atau yang dikenal sebagai Pendidikan sistem ganda. Dimana Pendidikan dan pelatihan tidak hanya dilakukan di sekolah namun juga dilakukan di Industri. Industri – industri pasangan yang dijadikan sebagai tempat praktek kerja yaitu hotel hotel Bintang Lima baik didalam maupun di Luar Negeri. Sedangkan Pendidikan dan pelatihan di Sekolah didampingi oleh Tenaga – tenaga pengajar berpengalaman dengan sertifikasi pendidikan yang sesuai dengan bidang yang diajarnya Sehingga lulusan diharapkan menjadi lulusan yang professional sesuai dengan standar yang dibutuhkan.

Profil Tamatan Program Keahlian Akomodasi Perhotelan

Persaingan di Industri Perhotelan pada era globalisasi ini semakin menuntut lulusan memiliki Kompetensi yang baik sehingga mampu menghadapi persaingan tersebut. Para lulusan Program Keahlian Akomodasi Perhotelan di SMKN 3 Tangerang di bentuk menjadi calon calon hotelier yang professional dibidangnya. Adapun hal yang dititik beratkan adalah sebagai berikut :

[/vc_column_text][vc_accordion collapsible=”yes” disable_keyboard=””][vc_accordion_tab title=”Well Grooming”][vc_column_text]

Grooming merupakan salah satu hal wajib yang harus diterapkan oleh para lulusan Program Keahlian Akomodasi Perhotelan baik disekolah, di tempat kerja dan pada kegiatan sehari hari. Hal ini mutlak mereka lakukan sebagai prasyarat untuk melakukan pekerjaan mereka sebagai hotelier. Mereka dididik untuk menciptakan kesan outer appearance yang baik dan juga Inner personality yang baik pula. Sehingga menciptakan para tamatan yang hospitable yang siap melayani tamu dan mampu bersaing di Hospitality Industri khususnya perhotelan.

[/vc_column_text][/vc_accordion_tab][vc_accordion_tab title=”Good Responsibility”][vc_column_text]

Tanggung jawab atau Responsibility merupakan point penting yang juga ditanamkan pada setiap lulusan untuk menjadikan pekerjaan mereka sebagai bagian dari jiwa mereka.

[/vc_column_text][/vc_accordion_tab][vc_accordion_tab title=”Good Discipline”][vc_column_text]

Kedisiplinan tinggi juga merupakan hal utama yang ditanamkan pada setiap lulusan.

[/vc_column_text][/vc_accordion_tab][vc_accordion_tab title=”Good Product Knowledge”][vc_column_text]

Pengetahuan mengenai produk yang mereka jual di berikan secara matang di sekolah ditambah dengan pengalaman yang mereka dapatkan pada saat melakukan praktek kerja industry di Hotel..

[/vc_column_text][/vc_accordion_tab][vc_accordion_tab title=”Capability in handling the job / doing the standard operational procedure”][vc_column_text]

Standar Operasional Prosedur pada sebuah pekerjaan pada departemen departemen di hotel di berikan kepada seluruh lulusan selama mendapatkan pendidikan dan pelatihan di SMKN 3 Tangerang. Menjadikan para lulusan menjadi insane – insane terdidik dan terlatih yang siap bekerja.

[/vc_column_text][/vc_accordion_tab][vc_accordion_tab title=”Communicative”][vc_column_text]

Kemampuan komunikasi baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris juga bahasa asing pilihan lain yaitu mandarin diberikan secara professional sehingga para lulusan dapat berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut.

[/vc_column_text][/vc_accordion_tab][vc_accordion_tab title=”Be able to work in a team”][vc_column_text]

Kemampuan bekerja secara tim diarahkan dan dibimbing untuk mampu dilaksanakan para lulusan program keahlian Akomodasi Perhotelan.

[/vc_column_text][/vc_accordion_tab][vc_accordion_tab title=”High Self Confidence”][vc_column_text]

Kepercayaan diri yang tinggi di tumbuhkan melalui metode pembelajaran kreatif oleh tim pengajar dikelas dan juga pengalaman langsung di Industri selama menjalani praktek kerja industri

Dengan Kompetensi tersebut diharapkan lulusan dapat menjadi sumber daya manusia yang unggul khususnya pada bidang keahlian Akomodasi Perhotelan.

.

[/vc_column_text][/vc_accordion_tab][/vc_accordion][vc_column_text][/vc_column_text][vc_tour interval=”0″][vc_tab title=”Keunggulan dan Fasilitas” tab_id=”89be56d3-268f-8″][vc_column_text]

  • Memiliki Ruang Praktek Housekeeping, Laundry, Public Area dan Front Office serta peralatan pendukung yang digunakan di Hotel sebagai penunjang pembelajaran.
  • Didukung oleh tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman dibidangnya
  • Menggunakan Kurikulum 2013
  • Didukung dunia usaha dan dunia industri berstandar Nasional dan Internasional
  • Menjuarai lomba kompetensi dari tingkat provinsi sampai tingkat nasional

[/vc_column_text][/vc_tab][vc_tab title=”Kualifikasi Pendidikan” tab_id=”434789a2-821e-2″][vc_column_text]

Berdasarkan Spektrum 2008, Prodi Akomodasi Perhotelan. yang dibagi menjadi dua kompetensi keahlian yaitu pada departemen Housekeeping dan Front Office, yaitu sebagai berikut :

  • Room Attendant
  • Public Area Attendant
  • Laundry Attendant
  • Butler
  • Telephone Operator
  • Reservation clerk
  • Reception Clerk
  • GRO
  • Banquet Attendant

[/vc_column_text][/vc_tab][/vc_tour][vc_column_text]

Dunia Usaha / Dunia Industri

Dunia Usaha / Dunia Industri yang menjadi Institusi Pasangan tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian besar Hotel yang menjadi institusi Pasangan dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri berada di Propinsi DKI Jakarta dengan kualifikasi Hotel Bintang Lima (five stars Hotel), bintang empat (four stars Hotel), dan Hotel berbintang tiga (three Stars Hotel) sebagai standar minimal.

Tidak terlepas Diindonesia, namun Program Keahlian Akomodasi Perhotelan juga melaksanakan kerjasama dengan Hotel di Luar Negeri yaitu dengan DE-PALMA Group yang berada di Negara Malaysia khususnya di Kota Selangor, Penang, dan Ampang. Juga dengan Regency Hotel Malaysia Hotel di Kuala Lumpur.

Pelaksanaan Praktek Kerja Industri dilaksanakan pada Semester ke empat (IV) atau sama dengan semester akhir dikelas XI. Periode ini dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni. Hasil dari pada program tersebut di presentasikan dalam bentuk seminar mengenai pengalaman yang mereka peroleh selama di hotel.

Perekrutan tenaga kerja dari pihak hotel di laksanakan setiap tahunnya. Permintaan akan karyawan dari SMKN 3 Tangerang khususnya untuk Program Keahlian Perhotelan selalu ada baik yang bersifat tetap maupun tidak tetap setiap tahunnya.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/6″][vc_googleplus type=”” annotation=”bubble”][/vc_column][vc_column width=”1/6″][vc_tweetmeme type=”horizontal”][/vc_column][vc_column width=”1/6″][vc_facebook type=”standard”][/vc_column][vc_column width=”1/6″][vc_pinterest][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]